Selasa, 29 November 2011

DEFINISI INTERAKSI SOSIAL

INTERAKSI SOSIAL
DEFINISI
Apakah pengertian dari Interaksi Sosial ?
Sebagai makhluk Sosial tentunya kita tidak bisa hidup tanpa oranglain. Kita tentunya membutukan bantuan oranglain agar dapat bias saling melengkapi satu sama lain, disinilah interaksi sosial akan sangat terasa manfaatnya. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara satu manusia dengan manusia lainnya. Interaksi sosial sering kali kita temui dalam kehidupan sehari – hari, baik itu dengan keluarga, teman,dosen, dan lain – lain.
Jenis – jenis Interaksi Sosial
Apakah Jenis – jenis dari Interaksi Sosial itu sendiri?
Jenis – jenis dari Interaksi sosial yang saya ketahui ada 3 macam, diantaranya yaitu,
1. Interaksi Sosial antara satu individu dengan individu lain nya (per orangan)
Dalam interaksi ini , individu yang satu memberikan pengaruh, rangsangan, atau stimulasi kepada individu lainnya. Sebaliknya, individu yang terkena pengaruh akan memberikan reaksi, tanggapan dan respon. Misalnya: orang yang sedang maarah tidak menyapa temannya atau saling berdiam diri.

2. Interaksi Sosial antara satu individu dengan kelompok(per orangan dengan kelompok)
Contoh, seorang ketua kelas sedang memberi penjelasan didepan teman- temannya mengenai pembagian jadwal prak tikum. Atau seorang mahasiswa dalam praktek kerja lapangan (PKL) sedang memberikan penyuluhan kepada penduduk desa.

3.  Interaksi sosial antara kelompok dengan kelompok lain nya (masyarakat).    Dalam interaksi ini, kepentingan individu- individu dalam kelompok merupakan satu kesatuan dan berhubungan dengan kepentingan individu- individu kelompok lain.

Syarat – syarat terjadinya Interaksi Sosial
Apakah syarat – syarat agar bisa terjadi Interaksi sosial? Salah satu syarat agar terjadinya interaksi sosial tentunya kita membutuhkan lebih dari satu orang yang terlibat, selain itu ada hal yang penting agar interaksi sosial tersebut terjadi yaitu dibutuhkan komunikasi antara satu orang dengan orang lain, karena tanpa komunikasi interaksi sosial akan sulit kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari.
a.  pelakunya lebih daari satu orang
b.  adanya komunikasi antar pelaku melalui kontak sosial
c.  mempunyai maksud dan tujuan yang jelas, terlepas dari sama atau tidaknya tujuan
tersebut dengan yang diperkirakan pelaku
d. ada dimensi waktu (masa lampau, masa kkini dan masa akan datang) yang akan
menentukan sikap aksi yang sedang berlangsung.


Contoh – contoh Interaksi Sosial
Apa sajakah contoh dari Interaksi Sosial itu sendiri?
Contoh interaksi sosial bisa kita temui dalam kehidupan kita sehari – hari.
Contohnya adalah ketika kita sedang bingung dalam mengerjakan tugas dari dosen, kita bisa bertanya kepada teman kita. Contoh tersebut merupakan salah satu contoh interaksi sosial antara satu individu dengan individu lainnya.
Contoh dari Interaksi Sosial antara satu individu dengan kelompok, yaitu kita sebagai anak tentunya membutuhkan bantuan dari orang tua baik itu dalam hal materil ataupun hal lainnya. Tentunya dalam penerapan contoh tersebut akan terjadi interaksi sosial
Contoh dari Interaksi Sosial antara satu kelompok dengan kelompok lainnya, yaitu ketika suatu kelompok akan melakukan demonstrasi tentunya mereka membutuhkan polisi sebagai keamanan selain itu mereka pula membutuhkan dukungan dari masyarakat dan pihak – pihak lainnya agar semuanya berjalan lancar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar